Perang Dunia 1, Ketahui Apa yang Jadi Penyebab dan Sejarahnya

Perang Dunia 1, Ketahui Apa yang Jadi Penyebab dan Sejarahnya, Perang Dunia 1 merupakan salah satu perang global yang begitu legendaris. Awal mula perang ini berjalan pada tanggal 28 Juli 1914 hingga tanggal 11 November 1918. Perang ini adalah pertikaian yang terjadi antara dua aliansi negara-negara di Eropa. Dua koalisi tersebut yaitu triple Alliance yang terdiri dari negara Jerman, Austria-Hongaria, serta Italia kemudian mengundurkan diri dan digantikan oleh negara Turki. Melawan Triple Entente yang mempunyai anggota dari Perancis, Rusia serta Inggris.

Pada tahun 1917 Negara Amerika ikut menyertakan diri dalam menolong pihak Triple Entente dan sekaligus memberhentikan peperangan yang terjadi. Nah, bagi yang penasaran apa saja yang menjadi penyebabnya, maka bisa simak ulasan berikut ini hingga selesai.

Perang Dunia 1, Ketahui Apa yang Jadi Penyebab dan Sejarahnya

Penyebab Terjadinya Pada Perang Dunia 1

Perang Dunia 1, Ketahui Apa yang Jadi Penyebab dan Sejarahnya, Terjadinya Perang Dunia 1 dikarenakan beberapa faktor. Adapun diantaranya bisa Anda dapatkan infonya dari uraian berikut ini.

Persaingan Industri serta Militer

Persaingan ini terjadi antara negara Jerman serta Inggris. Awal mulanya negara Jerman sendiri sudah genting oleh kekuatan militer negara lain disertakan dikarenakan adanya pemicu dalam memproduksi alat-alat persenjataan.

Kala itu Inggris telah mendominasi seperempat dunia serta kuat dalam bidang kelautan juga ikut merasa terancam dengan kekuatan militer milik Jerman. Pada akhirnya tiap negara Eropa saling memperkuat masing-masing angkatan bersenjatanya.

Politik Aliansi

Munculnya aliansi di Eropa, memanaskan situasi waktu itu serta membuat setiap pihak dilihat lebih kuat daripada yang lainnya. Negara Italia menjadi salah satu negara yang ikut campur dalam menyertai aliansi Triple Alliance.

Dalam terjadinya Peperangan Dunia 1 Italia mengundurkan diri dan bergabung kepada aliansi Triple Entente. Adapun penyebabnya yaitu Inggris dan Perancis menjanjikan Italia wilayah Dalmatian sebagai wilayahnya.

Etnosentrisme yang Begitu Berlebihan

Etnosentrisme adalah rasa kehormatan yang melewati batas terhadap etnis atau pada suku budayanya. Orang Jerman melaksanakan unifikasi atau memadukan dengan keinginan dalam menggabungkan seluruh wilayah yang memperggunakan bahasa Jerman kesatu kekaisaran. Walaupun kebenarannya wilayah tersebut telah menjadi hak negara lain.

Sama dengan orang etnis Slav, orang-orang Slav kala itu juga mempunyai keinginan supaya seluruh etnis Slav, terutama etnis Slavia Selatan bergabung dalam satu negara. Gerakan ini pada umumnya disebut Pan-Slavisme.

Pembunuhan Terhadap Putra Mahkota Austria-Hongaria

Kekaisaran Austria-Hongaria yang ada di Bosnia menjadikannya sebuah provinsi baru pada kekaisaran tersebut. Oleh karena itu, dalam hal tersebut sangat bertentangan dengan keinginan kaum pan slavisme. Orang yang melawan hal tersebut akan melakukan suatu gerakan protes. Adapun salah satunya dengan menyebut asap parade putra mahkota serta membunuhnya.

Penembakan pada putra mahkota kekaisaran Austria-Hongaria yang mempunyai nama Franz Ferdinand di Sarajevo untuk membuat kekaisaran Austria-Hongaria marah besar. Kemudian setelah menyalahkan negara Serbia dalam tanggung jawab.

Negara Jerman, membentuk aliansi dengan austria dan hungaria yang membantu dari belakang dan menjaga supaya negara lain di Triple Entente tidak dapat campur tangan pada krisis waktu itu.

Saat penyampaian dari Austria-Hongaria terhadap Serbia tidak bisa dipenuhi, maka tidak ada upaya lagi bagi terhadap Jerman setelah Negara Austria melakukan serangan ke Serbia. Hal itu membuat Perang Dunia 1 pun pecah.

Kebijakan Kepada Ekspansionis

Kaisar Wilhelm ll dari Jerman mengeluarkan kebijakan internasional ini pada tahun 1890. Kaisar Wilhelm ll juga menolak untuk memperbarui perjanjian reasuransi setelah memecat Bismarck serta dipandang menjadi blunder dalam diplomasi.

Persaingan Negara

Persaingan terjadi antara negara Perancis dan Jerman. Keduanya memperebutkan wilayah Alsace serta Lorraine. Setelah itu Rusia dan Austria-Hungaria atas hegemoni wilayah Balkan.

Perubahan Kekuatan dari Penyeimbang

Hadirnya Jerman membuat negara Inggris merasa takut dan mengguncang balance of power di Eropa. Pasalnya industri Jerman mulai bangkit serta armada lautnya telah memproduksi kapal tempur.

Konflik Terhadap Negara

Konflik ini terjadi antara negara imperialis trip kolonialis yang ada di Afrika serta Asia.

Dampak Terjadinya Perang

Perang Dunia 1 yang mempunyai skala global serta besar ini berpengaruh untuk negara yang terlibat. Bahkan tak menutup kemungkinan juga berpengaruh pada negara yang lainnya. Adapun dampak dari perang dunia ini:

Negara Eropa yang Mundur

Peperangan membawa kehancuran untuk sejumlah infrastruktur di Eropa. Memulai dari jalan raya, rel kereta api, jembatan dan fasilitas umum lainnya.

Kehancuran infrastruktur ini berakibat terhambatnya perdagangan, perputaran uang terhenti, produksi barang-barang juga lambat serta kehancuran lahan pertanian. Kurang lebih dari sekitar 10 juta jiwa menjadi korban dalam terjadinya Perang Dunia 1 saat itu berlangsung. Korban-korban tersebut banyak dari mereka yang berusia produktif.

Hancurnya 4 Kekaisaran

Kekaisaran antara Jerman, Rusia, Austria-Hongaria serta Turki Usmani memperoleh momen kehancuran karena kekalahannya di perang ini. Hancurnya 4 kekaisaran ini juga berakibat lepasnya daerah-daerah koloninya di kawasan Asia serta Afrika. Bahkan kehancuran ini juga membuat mulai hadirnya negara-negara baru yang sesuai dengan kebangsaan tertentu.

Semakin Berkembang Ideologi Komunisme

Kekuatan komunisme yang lahir sebagai sebuah negara pada perang dunia ini membuat ideologi ini menyebar sampai ke wilayah Indonesia. Awal terbentuk komunisme adalah ideologi yang mewujudkan sebuah negara yang menjadi mendominasi sebagian dunia.

Penting Mengetahui Sejarah Perang Dunia

Perang ini menjadi tonggak sejarah untuk dunia. Sampai-sampai dalam perang ini terjadi secara global yang terfokus di negara bagian Eropa. Saking besarnya perang ini juga mendapat julukan lain, perang besar sebab berakhir hingga mulainya Perang Dunia ll.

Tentunya sejarah Perang Dunia 1 penting sekali untuk diketahui. Mulai dari kapan terjadinya, penyebab sampai dampak untuk negara yang terlibat maupun negara lain. Dengan begitu, siapa saja yang mengetahui sejarah ini akan tahu seluk beluk sebuah negara dari awal adanya persaingan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *