Penyebab dan Kronologi Terjadinya Peristiwa Perang Dunia II

Penyebab dan Kronologi Terjadinya Peristiwa Perang Dunia II merupakan salah satu peristiwa besar dunia yang memang tidak bisa dihindarkan dari berbagai konflik negara. Seperti Perang Dunia I, Tragedi ini masih berhubungan dengan negara-negara dibagian wilayah Eropa. Hanya saja, perang ini memiliki alur cerita berbeda dari Perang Dunia 1.

Perang ini juga terbilang sebagai perang besar karena merenggut hingga jutaan nyawa manusia. Dalam sejarah, perang ini juga tercatat menjadi konflik terbesar dan paling destruktif dengan berbagai negara besar yang terlibat.

Penyebab dan Kronologi Terjadinya Peristiwa Perang Dunia II

Penyebab dan Kronologi Perang Dunia II

Penyebab dan Kronologi Terjadinya Peristiwa Perang Dunia II, Istilah Perang Dunia ke-2 pasti sudah tidak asing lagi, terutama untuk pecinta sejarah. Perang ini merupakan konflik dunia paling mematikan sepanjang sejarah karena memakan kurang lebih 50 sampai 70 juta jiwa dari seluruh dunia.

Perang ini terjadi pada tahun 1939-1945. Penyebab utamanya adalah karena konflik ideologi antara negara-negara Asia, Eropa dan Amerika. Terjadinya tragedi ini menandakan dari berbagai aksi dalam menunjukan kekuatan maupun ekspansi militer kepada berbagai wilayah tertentu.

Latar Belakang

Perkara Perang Dunia ke-2 dengan akta lain adalah sebagai balas dendam dari perang dunia sebelumnya, yaitu Perang Dunia 1. Namun, tentunya bukan hanya itu.

Latar belakang yang memicu perang ini berhubungan dengan Perjanjian Versailles tahun 1920 setelah PD 1 (Perang Dunia 1). Hal tersebut karena Perjanjian Versailles memiliki peran besar dalam PD 1.

Oleh karena itu, negara Jerman merasa dirugikan karena melakukan perjanjian tersebut. Dalam perjanjian tersebut, tertulis bahwa Jerman wajib memberikan salah satu wilayahnya, membayar hutang atas biaya perang dan melakukan perbatasan kemiliteran. Oleh karena itu, Jerman merasa rugi dengan adanya perjanjian tersebut.

Latar belakang yang memicu Perang Dunia II yang lain adalah perluasan oleh Jerman, Jepang dan Italia. Perluasan tersebut bermaksud untuk menguasai negara-negara Asia dan Afrika.

Perluasan tersebut masih berhubungan dengan PD 1. Perang Dunia 1 menyebabkan munculnya ideologi baru, seperti komunisme dan fasisme, yang beranggapan negara Italia, Jerman dan Jepang memiliki kedudukan lebih tinggi. Hal-hal tersebutlah yang menyebabkan terjadinya PD 2 pada tahun 1939.

Penyebab Perang Dunia Ke-2

Secara terperinci, penyebab Perang Dunia ke-2 terdiri dari penyebab umum dan khusus. Berikut penjelasan lebih lengkapnya.

Faktor Umum

Beberapa faktor umum yang menyebabkan PD 2 adalah sebagai berikut:

  • Negara-negara maju saling berseteru untuk menguatkan pangkalan militer dan senjatanya.
  • Gugurnya Liga Bangsa-Bangsa (LBB) dalam menciptakan dampak dalam perdamaian dunia.
  • Adanya politik aliansi sebagai penyebab utama lahirnya dua blok besar yang saling adu kekuatan.

Faktor Khusus

Selain faktor umum, berikut ini adalah beberapa faktor khusus yang menyebabkan terjadinya Perang Dunia II:

  • Tanggal 1 September 1939, Jerman menyerbu Kota Danzig, Polandia. Dimana Polandia merupakan negara yang berada di bawah naungan LBB. Hitler, adalah politisi Jerman dan sekalian menjadi ketua Partai Nazi, menuntut penguasaan atas Danzig karena warganya merupakan bangsa orang Jerman, tetapi Polandia secara mantap membantahnya.
  • Setelah itu, pada 3 September 1939, negara yang mendukung LBB (khususnya Inggris dan Perancis) mengutarakan dalam memulai perang terhadap Jerman dan sekutunya.
  • Tanggal 7 Desember 1941, Negara Jepang bersiap dalam memberikan penyerangan terhadap pangkalan armada angkatan laut yang ada di Amerika Serikat di Pearl Harbor, Hawaii.

Kronologi Perang Dunia II

Setelah mengetahui faktor umum dan khusus yang menyebabkan PD ke-2, berikut ini adalah kronologi lengkapnya:

  • Kronologi pertama bermulai dengan penyerangan Polandia oleh Jerman pada tanggal 1 September 1939.
  • Jerman menenggelamkan kapal Inggris dan Denmark serta Norwegia.
  • Jerman sudah menguasai Belanda pada tahun 1940 sehingga membuat ratu Belanda wajib berpindah-pindah.
  • Kemudian, Jerman melanjutkan serangan ke front Barat yang menyasar Inggris. Harus diketahui dari insiden ini menimbulkan upaya perdamaian dari Jerman dengan Inggris karena adanya peristiwa Dunkirk.
  • Pada 7 September 1940, Jerman pergi ke London dikarenakan untuk mengantarkan bom atom dalam jumlah yang cukup banyak pada malam hari.
  • 27 September 1940, Jepang, Jerman dan Italia menandatangani perjanjian yang berisi tentang sekutu, dimana ketiga negara tersebut akan saling membantu jika terjadi penyerangan dari negara lain.
  • Jerman menduduki Uni Soviet pada tanggal 22 Juni 1942 dan Jepang memusnahkan Hawaii dengan melakukan pemboman.
  • Bulan November 1943, Uni Soviet melakukan penyerangan ke Stalingrad.
  • Jerman mengalami kemunduran sehingga Hitler dan sang istri bunuh diri pada 30 April 1945.

Blok Sekutu Perang Dunia II

Berikut kronologi lengkapnya:

  • Hari kedua dari Perang Dunia 2 ini, Inggris dan Perancis menyatakan perang dengan Jerman. Inggris mengawasi dalam pengiriman ultimatum terhadap Jerman sehingga menarik pasukan pada perang yang terjadi di Polandia.
  • Sekutu berpindah ke tanah Inggris dikarenakan mendapat serangan blunder dari Hitler.
  • Tanggal 11 Mei 1940, Belgia kalah sehingga Italia berhasil menggugurkan terjadi perang pada Perancis pada 10 Juni 1940. Peperangan ini menguntungkan untuk Jerman karena dapat menguasai Perancis.
  • Pada 25 Agustus 1940, Inggris mengeluarkan serangan dari udara ke Berlin dengan cara membawa ribuan pesawat dan menjatuhkan bom atom.
  • Perdana Menteri Inggris kemudian meminta bantuan kepada presiden AS untuk ikut serta dengan peperangan ini.
  • Tanggal 8 Mei 1945, Jerman akui kekalahan dan menyerahkan diri ke pasukan sekutu.
  • Negara Amerika menjatuhkan bom atom ke kota Hiroshima dan Nagasaki Jepang di Agustus 1945, sehingga membuat Jepang menyatakan kekalahannya.

Kesimpulan:

Itulah sejarah terjadinya peristiwa Perang Dunia II lengkap dengan faktor penyebab dan kronologinya. Dari peristiwa ini kita jadi tahu besarnya jasa para pahlawan untuk mempertahankan Indonesia sehingga bisa menjadi negara yang lebih maju sekarang ini. Perang Dunia ke-2 ini juga membawa sejumlah dampak positif untuk kehidupan masa depan. Misalnya seperti pembentukan Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) dan besarnya kesempatan merdeka bangsa-bangsa Asia dan Afrika. Atau semakin baiknya perolehan ilmu pengetahuan masyarakat Asia dan Afrika karena perkembangan teknologi yang terjadi. Akan tetapi, dampak buruk dari peperangan ini adalah menjadikan suatu perang dingin antara beberapa negara terpecah seperti Korea, Jerman, serta Vietnam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *